Materi Lengkap Sistem Informasi Manajemen

Materi System Info Manajemen – Pada artikel terlebih dulu kita telah mengulas tentang mata kuliah manajemen. Bila ada yang ingat ada banyak materi kuliah yang begitu perlu, satu diantara salah satunya yaitu system info manajemen.

Terlebih dulu juga kita telah mengetahui sedikit tentang system info manajemen dari mulai pengertian sampai ke aplikasinya. Nah pada aritikel kesempatan ini juga akan kita perjelas sekali lagi pokok bahasan system info manajemen terlebih dalam materi perkuliahan. Jadi selamat membaca.

Materi System Info Manajemen
Pengertian System Info Manajemen

Agar lebih gampang mengerti system info manajemen kita mesti mengetahui terlebih dulu komponen yang ada didalamnya yakni system serta info.


Pengertian System


Sebagian pakar di bagian manajemen sudah mendeskripsikan system. Umpamanya, menurut Gordon B. Davis (1984) system yaitu bebrapa sisi yang sama-sama terkait serta begerak dengan untuk satu maksud atau tujuan.

Pendapat yang nyaris sama saja dikemukakan oleh Raymond Mcleoad. Ia menyebutkan system yaitu kummpulan beragam komponen yang sama-sama terkait serta membuat kesatuan yang utuh serta terpadu”.

Sedang Jerry FitzGerald, menyebutkan system yaitu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang sama-sama terkait. Jaringan ini berkumpul bersama untuk lakukan satu aktivitas atau untuk merampungkan satu tujuan.

Dengan simpel system ini adalah paduan atau himpunan dari beragam hal yang mempunyai maksud hingga mereka bergerak dengan. Contoh kesehariannya yaitu system pernafasan kita.

Klasifikasi System


Nah dari pengertian barusan kita dapat klasifkasikan system dari beragam pojok pandang umpamanya dari memiliki bentuk, faedahnya atau langkah kerjanya. Di bawah ini ada delapan klasifikasi dari system salah satunya yaitu :

  1. Abstract sistem atau System Abstrak yaitu system yg tidak terlihat dengan fisik, karna cuma berbentuk pemikiran atau ide-ide, contoh : system teologia yang disebut satu system yang melukiskan jalinan manusia dengan Tuhan.
  2. Physical sistem atau System Fisik yaitu system yang terlihat dengan fisik. Contoh : System computer, system produksi, System pendidikan, dan lain-lain.
  3. Natural Sistem atau System Alamiah yaitu satu system yang berlangsung dari beberapa sistem alam. Contoh : System geologi
  4. Human made sistem atau system buatan manusia yaitu satu system yang didesain atau didisain oleh manusia. Contoh : System info
  5. Deterministic Sistem atau System Deterministik yaitu system yang beroperasi dengan perilaku yang bisa diramalkan. Hubungan antar elemen-elemen bisa diteksi, hingga outputnya dapat juga diramalkan. Contoh System computer.
  6. Probabilistic sistem atau System Probabilitas yaitu system yg tidak dapat diramalkan. Contoh : System manusia.
  7. Closed Sistem atau System Tertutup yaitu system yg tidak terkait dengan lingkungan luarnya.
  8. Open Sistem atau System Terbuka yaitu system yang terkait atau di pengaruhi oleh lingkungan luarnya.

Karakter System


System ini mempunyai sebagian karakterstik sebagai ciri khasnya. Terkecuali jadi pembeda karakter inijuga mnejadi patokan dalam penyususnan system. Di bawah ini beberapa karakter dari system

  1. Komponen/elemen (Component)
  2. Batas system (Boundary)
  3. Lingkungan Luar (Environment)
  4. Penghubung (Interface)
  5. Input (Input)
  6. Pengolah (Process)
  7. Keluaran (Output)
  8. Tujuan (Objective) atau maksud (Goal)

Pengertian Info


Komponen ke-2 yaitu info, sama dengan system beberapa pakar juga sudah mendeskripsikan info ini. Misalnya R. Mcleoad menyebutkan info yaitu data yang dibuat jadi bentuk yang mempunyai makna untuk si penerima serta berguna dalam pengambilan ketentuan.

Pendapat sama juga dikemukakan Gordon B. Davis. Sedang Jhon G. Burch memiliki pendapat Info yaitu hasil pembentukan pengaturan, pengorganisasian atau pengubahan data yang menaikkan tingkat pengetahuan.

Beberapa jenis info


Info dapat kita bedakan menjai dua berdasar pada sumbernya yakni info resmi serta informal. Info resmi adalah nformasi yang kita peroleh dari dalam organisasi. Sedang info informal bersumber dari luar organisasi.
Tanda-tanda info

Satu info yang baik mesti penuhi lima persyaratan yakni :
  1. Paling baru
  2. Pas waktu
  3. Relevan
  4. Konsisten
  5. Penyajian berbentuk yang sederhana

Pemakaian info


Pemakai info ini dapat siapapun, namun karna hubungannya dengan sistem manajemen serta pengambilan ketentuan kita bedakan jadi tiga tingkatan yaitu

  • Low level managers
  • Middle level managers
  • Top level managers

Beberapa fungsi Info


Pada umumnya beberapa fungsi info yaitu untuk tingkatkan pengetahuan untuk si pemakai. Diluar itu juga untuk kurangi ketidakpastian dalam sistem pengambilan ketentuan pemakai. Info ini berguna juga untuk melukiskan kondisi yang sesungguhnya dari suatu hal hal.
Pengertian System Info

Sesudah ketahui ke-2 komponen itu kita dapat peroleh deskripsi umum dari system info ini. System info yaitu system yang mensupport operasi berbentuk manajerial serta aktivitas kiat dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.

Atau mungkin dengan kata beda apabila arti system serta info dikombinasi jadi system info, jadi dapat kita simpulkan system info yaitu satu system yang sediakan info untuk semuanya tingkatan dalam organisasi itu setiap saat dibutuhkan.
System Info menurut pakar/ahli

Mcleoad (1992) menyampaikan pendapat tentang system info yakni : “Sistem info adalah system yang memiliki kekuatan untuk menyatukan info dari sumber serta memakai beragam media untuk menghadirkan info”.

Gordon B. Davis dalam bukunya yang berjudul Management Information Sistem, menyampaikan gagasannya seperti berikut :

“Sistem info manajemen yaitu satu system manusia atau mesin yang terpadu untuk menghidangkan info manfaat mensupport peranan operasi manajemen serta pengambilan ketentuan dalam satu organisasi”.

Komponen System Info


Terkecuali dua komponen basic yang membuat system info ada pula komponen beda yang dimaksud dengan building block atau blok bangunan.

Blok bangunan ini yaitu bebrapa sisi yang ada di dalam systema yang menbatu dalam sistem pemrosesan info. Ada enam blok banguna yang umum dipakai dalam system info yakni :

  • Input Block (Blok Input) yaitu data-data yang masuk kedalam system.
  • Jenis Block (Blok Jenis) yaitu gabungan prosedur, logika serta jenis matematik yang juga akan merekayasa data input serta data yang tersimpan di basis data lewat cara yang telah ditetapkan untuk hasilkan keluaran yang dikehendaki.
  • Output Block (Blok Keluaran) yaitu keluaran yang disebut info yang berkwalitas serta dokumentasi yang bermanfaat untuk semuanya tingkatan manajemen dan semuanya pengguna system.
  • Technology Block (Blok Tehnologi) adalah kotak alat dalam system info, yang dipakai untuk terima input, menggerakkan jenis, menaruh serta terhubung data, hasilkan serta kirim keluaran dan menolong pengendalian dari system secara detail.
  • Database Block (Blok Basis Data) adalah himpunan data yang sama-sama terkait keduanya, tersimpan di piranti keras computer serta dipakai piranti lunak untuk memanipulasinya.
  • Control Block (Blok Kendali) yaitu pengendalian yang didesain dengan spesial untuk menanggulangi beberapa masalah pada system.

Jadi satu system, ke-6 blok itu semasing sama-sama berhubungan keduanya membuat satu kesatuan untuk menjangkau tujuan.

Peranan Basic System Info dalam Bisnis


Dalam usaha system info ini memegang peranan yang begitu perlu yakni jadi pendukung sistem serta operasi usaha. Diluar itu juga menolong pengambilan ketentuan beberapa pegawai serta manajernya hingga dapat menghaslkan kiat yang unggul dengan kompetitif.

Nah tersebut sedikit mengenai materi system info manajemen yang bersumber dari umardanny. com, mudah-mudahan bisa berguna.